Minggu, 21 Agustus 2011

Kesenian Weleri dalam Seni Barongan


By on 07.29

Seni Barong atau Barongan  atau Singo Barong, merupakan salah satu kesenian rakyat yang sangat populer di kalangan masyarakat Kendal khusunya weleri 

Tari Barong dilakukan oleh kelompok yang terdiri dari Singo Barong, yang mengambarkan keperkasaan dan kebuasan seekor singa raksasa. Biasanya berjumlah dua ekor yang mencerminkan sepasang jantan dan betina, kadang -kadang juga ditampilkan pula anak barongan. Satu barongan dimainkan oleh dua pemain, pemain depan memegang kepala yang berbentuk singa terbuat dari kayu dengan bersembunyi dibalik kain loreng-loreng menyerupai singa. Sedangkan pemain belakang bertindak sebagai ekor, dengan gerakan mengikuti pemain yang didepan.

Peranan Singo Barong secara totalitas didalam penyajian merupakan tokoh yang sangat dominan, disamping ada beberapa tokoh yang tidak dapat dipisahkan yaitu :

1.Bujangganong / Pujonggo Anom
2.Joko Lodro / Gendruwo
3.Pasukan berkuda / kuda lumping
4.Noyontoko
5.Untub.

Serta diiringin dengan gending -gending jawa dan tabuhan gamelan. Alur cerita bersumber dari hikayat panji. Di dalam seni Barong tercermin sifat-sifat kerakyatan seperti spontanitas, sederhana, keras, kompak yang dilandasi kebenaran.

Sama dengan Tarian kuda lumping, pertunjukan singo barong umumnya dipertunjukkan pada saat saat: hajatan; khitanan, sebagai penghibur bocah yang akan disunat dan para tamu; Acara Merti Desa ( semacam perayaan ulang tahun berdirinya desa); perayaan Hari kemerdekaan; menyambut tamu kehormatan dll.

Beberapa kelompok Kesenian tradisional Singo Barong yang konon adalah ciri khas weleri ada di Kendal misalnya : Group Ngudi Santoso Desa Sumbersari Kecamatan Ngampel; Wahyu Laras Budoyo Desa Tawang Gempol Sewu Rowosari; Marho Rukun Desa Taman Gede Kecamatan Gemuh; Group Rangkah Mudho Desa Puguh Pegandon; Group Kemangi Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung dan Group Purwo Budoyo Muda Taruna Kelurahan Langenharjo Kendal. Taruna Budhaya Mukti Desa Sidomukti KecamatanWeleri. Group Krido Singo Manggolo Desa Tejorejo Kec Ringinarum. Serta beberapa group yang tersebar diberbagai pelosok desa.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

5 komentar:

  1. Seni Barongan sama seperti Barongsai nggak ya?

    BalasHapus
  2. Hallo teman-teman di Weleri. Salam kenal ya. Saya sering ke Weleri, meski kotanya kecil, tetapi ramai dan strategis. Apalagi diramaikan dengan komunitas blooger, semakin terbuka untuk diketahui masyarakat luar wilayah.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

    BalasHapus
  3. Menjawab mascayo : Seni Barongan terdiri dari (1) Barongan / Singobarong yang dimainkan oleh 2 orang, 1 orang dikepala singa, 1 orang di belakang bertugas melambai-lambaikan ekor. (2) Dawangan ( hampir sama dengan ondel-ondel Betawi ) (3) Jaranan / Jaran kepang, biasanya dimainkan oleh lebih dari 1 orang (Group) (4) Setanan (pendamping dawangan, biasanya memakai topeng setan dan membawa pedang kayu ) dan lain2 tergantung topeng2 yang dipunyai oleh group barongan ybs. Permainan ini diiringi oleh gamelan Plus Jidur. Ini kesenian asli KESENIAN JAWA MURNI.
    Sedangkan BARONGSAI kan berhubungan dengan kesenian orang Tionghoa/konghucu/klenteng yang secara detailnya saya tidak tahu.
    Menanggapi TULISAN "Kesenian Weleri Dalam Seni Barongan" diatas kok yang sering main/pentas tidak disebut ya ? Saya DAMPALCOM INTERTAINMENT Professional Shooting & Photografer nya Orang Kendal sangat sering sekali mengambil gambar dari SINGOBARONG TEKUK PENJALIN / TURONGGO SETO DESA JOTANG KEC.KENDAL dan SINGOBARONG KALIREJO-CEPIRING. tetapi tidak masuk ditulisan diatas, dan yang tertulis diatas, seperti PURWO BUDOYO MUDO TARUNO LANGENHARJO saya baru sekarang tahu dan belum pernah melihat group tsb tampil. GROUP BARONGAN TURONGGO SETO baru beberapa bulan yang lalu mengisi gelar budaya yang diadakan oleh Dewan Kesenian Masyarakat Kec.Kendal Dokumentasinya masih saya simpan dan baru saja kami sampaikan pada Panitia.
    = DAMPALCOM INTERTAINMENT =

    BalasHapus
  4. Mantab Oom... Trimakasih sudah mau bikin Blog tentang Singo Barong, semoga bermanfaat & bisa memotifasi para seniman muda kususnya masyarakat Kab. Kendal utuk bisa melestarikan budaya Leluhur kita.

    Sukses pokok'e...........



    Salam. Crew Krido Singo Manggolo

    BalasHapus
  5. baru tahu sejarahnya singo barong seperti ini ternyata.. di desa tempat saya tinggal sebagian besar anak keci dari balita-usia sekolah dasar sangat suka dengan "barongan".. kebetulan di desa tempat saya tinggal juga ada kelompok kesenian ini namanya "wahyu tanjung budoyo"..
    saya sedikit penasaran dengan tema atau apalah namanya,, jadi setiap kelompok itu punya tema masing-masing,, misalnya "sodo lanang" dan "anak lanang" itu maksudnya apa ya? terima kasih

    BalasHapus